Rabu, 01 Februari 2012


Pendidikan Karakter Melalui Kantin Kejujuran

Penerapan pendidikan karakter melalui kantin kejujuran dirasa sangat penting.Sekarang ini banyak sekali sekolah-sekolah yang menerapkan pendidikan karakter melalui kantin kejujuran,termasuk di SMA N 1 Salatiga.Kantin kejujuran melatih siswa untuk berlaku jujur.Mungkin sebagian orang berpendapat bahwa kantin kejujuran adalah cara yang efektif untuk melatih siswa berperilaku jujur,tetapi ada juga yang berpendapat bahwa cara ini kurang efektif.Sebenarnya kantin kejujuran banyak sekali manfaatnya,jika dikelola dengan baik dan benar.
Pada saat ini di SMA N 1 Salatiga,kantin kejujuran tersebut sudah mulai beroperasi sejak kurang lebih 2 minggu yang lalu.Banyak siawa yang antusias dan senang dengan dibukanya kantin kejujuran.Dan diharapkan kantin kejujuran ini terus beroperasi tanpa ada halangan,karena keberadaan kantin kejujuran dirasa sangat penting di SMA N 1 Salatiga .
Di kantin kejujuran menjual berbagai makanan kecil seperti donat,snack ringan dll,ada juga berbagai minuman.Terdapat pula berbagai alat tulis,buku,lks dll.Disamping itu tempatnya pun nyaman.Diruangan yang tidak terlalu luas semua barang tertata rapi dan bersih. Siswa yang akan membeli di kantin kejujuran tinggal meletakkan uang pada kotak kecil yang disediakan oleh sekolah,jika kembali siswa mengambil kembliannya sendiri di kotak tersebut.Tetapi banyak siswa yang berpendapat bahwa harga di kantin kejujuran agak mahal dibanding dengan kantin biasa.Mungkin bagi sebagian siswa itu tidak masalah.Saat istirahat kantin kejujuran lumayan ramai,banyak siswa yang membeli makanan atau minuman. Di sana ada beberapa guru piket yang berjaga di kantin kejujuran.Namun dengan adanya guru piket apakah siswa merasa diawasi?
Ada beberapa guru piket yang berjaga disana saat istirahat.Bukankah sebenarnya kantin kejujuran itu tidak perlu dijaga? karena kantin kejujuran melatih siswa untuk jujur sehingga dirasa tidak perlu dijaga.Dengan adanya guru piket mungkin siswa akan berpendapat bahwa mereka diawasi oleh guru piket.Apakah mereka tidak percaya dengan siswa-siswa?sehingga perlu dijaga?
Melatih kejujuran sejak dini itu sangat penting,salah satunya melalui adanya kantin kejujuran di sekolah karena untuk melatih siswa berlaku jujur yang sekarang ini sudah mulai memudar.Jadi kesimpulannya adalah,dengan diadakannya kantin kejujuran di sekolah-sekolah di Indonesia sangat berguna sekali dan sangat penting.Mungkin setiap sekolah harus ada kantin kejujuran agar melatih siswa untuk berlaku jujur.Selama pengelolaan kantin kejujuran baik dan benar maka akan banyak manfaat yang diperoleh.



Nama  : Karina Alfiani
Kelas  : X-5
No      : 16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar