Kamis, 26 Januari 2012

Tugas Bahasa Indonesia Pragraf Argumentasi


KANTIN KEJUJURAN PEMBENTUK KARAKTER BANGSA

    Kantin kejujuran sangatlah bagus untuk mencetak penerus bangsa yang jujur. Kejujuran adalah kunci untuk menggapai cita-cita dengan mudah. Bangsa yang rata-rata berpenduduk jujur, bangsa itu berkemungkinan besar menjadi bangsa yang sejahtera. Inilah cara yang diambil pemerintah untuk dapat merubah keadaan bangsa kita menjadi bangsa yang lebih baik dengan dimulai dari hal yang kecil.
    Kantin kejujuran adalah kantin milik sekolah yang didanai oleh pemerintah. Bedanya kantin kejujuran dengan kantin-kantin yang lain adalah kantin kejujuran merupakan gabungan antara kantin sekolah dengan koperasi sekolah. Biasanya kalau kantin itu hanya menjual makan dan minuman, sedangkan koperasi sekolah hanya menjual peralatan sekolah saja.
    Di kantin kejujruran ini banyak menjual makanan dan minuman ringan serta peralatan sekolah juga. Itulah salah satu perbedaannya. Jadi, yang membuatnya berbeda adalah di kantin kejujuran tidak ada guru yang menjaganya. Disana murid dilatih untuk berbuat jujur walaupun tidak ada yang melihat.
    Jadi, bila kita ingin membeli sesuatu kita mengambil barang tersebut sendiri dan jika ada uang kembalian kita mengambilnya sendiri. Jadi, disini peran guru yang menjaga kurang dibutuhkan. Tingkat sekolah mengalami demoralisasi ialah saat penghitungan laba kantin kejujuran tersebut.
    Kalau dilihat memang sepele, tetapi ini sangat manjur untuk mengurangi dampak demoralisasi di sekolah-sekolah di Indonesia. Semoga dengan adanya kantin kejujuran ini dapat merubah karakter bangsa kita menjadi yang lebih baik dari pada sekarang.


FERNANDA R.D.
X-5 / 10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar