Rabu, 25 Januari 2012

Paragraf argumentasi_Dian PamulatsihX5/06

Nama                    : Dian Pamulatsih
Kelas_Absen         : X5_06
Mapel                   : Bahasa Indonesia_Paragraf Argumentasi
Tema                    : Penerapan Pendidikan Karakter melalui Kantin Kejujuran



Kantin Kejujuran di Sekolah 

Kantin Kejujuran dapat membuat kepribadian seseorang menjadi positif maupun negatif. Positif, karena dapat menjadikan seseorang menjadi jujur, dan negative karena di Kantin Kejujuran kita melayani diri sendiri, sehingga dapat membuat seseorang berbuat kecurangan, seperti tidak membayar, maupun mengambil kembalian lebih. Kantin Kejujuran adalah kantin, dimana kita membeli sesuatu yang kita butuhkan dengan melayani diri sendiri. Maksudnya, jika kita ingin membeli pensil, maka kita akan mengambil pensil itu, membayar sendiri, dan  megambil kembalian sendiri.
Guru dan siswa sangat senang dengan adanya Kantin Kejujuran. Setiap istirahat, guru, maupun siswa sering datang ke Kantin Kejujuran untuk membeli kebutuhan masing-masing. Selain menjual berbagai alat tulis dan buku, Kantin Kejujuran juga menjual berbagai makanan dan minuman. Guru dan siswa yang ingin berjualan pun dapat menitipkan barang dagangannya di Kantin Kejujuran, agar mereka dapat mengambil keuntungan tanpa lelah menawarkan barang dagangannya ke setiap kelas.
Biasanya, Kantin Kejujuran terletak di tempat yang terjangkau oleh seluruh warga sekolah. Hal itu dikarenakan agar warga sekolah yang ingin membeli keperluan, tidak perlu pergi ke tempat yang jauh atau sulit dijangkau. Kantin Kejujuran juga ditata dengan rapi dan bersih, agar setiap guru dan siswa yang datang merasakan kenyamanan di Kantin Kejujuran.
Kantin Kejujuran juga dapat membentuk kepribadian seseorang baik positif maupun negatif, yaitu dapat melatih kejujuran seseorang. Dengan melayani sendiri, seperti mengambil barang sendiri, membayar sendiri, dan mengambil kembalian sendiri, kita dapat menilai kejujuran seseorang.
Oleh karena itu, Kantin Kejujuran sangatlah berguna untuk semua warga sekolah. Hal itu, dapat dinilai dari banyaknya Kantin Kejujuran di sekolah-sekolah. Selain untuk menyediakan keperluan-keperluan sekolah, makanan, minuman, Kantin Kejujuran juga dapat melatih kejujuran seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar