Rabu, 25 Januari 2012

PARAGRAF ARGUMENTASI

Tema            : Penerapan pendidikan karakter melalui kantin kejujuran
Disusun oleh : Laila Kunni Marata Solikhah (X-5 / 17)


Jujur Bekal Terpenting Masa Depan

        Modern ini, perilaku baik, jujur, bertanggung jawab sudah mulai ditinggalkan. Apa penyebabnya ? Hal ini disebabkan karena, banyak budaya luar yang masuk dan bercampur dengan budaya kita tanpa ada proses seleksi terlebih dahulu. Apalagi di zaman serba teknologi ini, kita dengan mudahnya mendapat informasi dari manapun tanpa ada pembatasnya.
        Terkait dengan hal tersebut, pemerintah belakangan ini mulai gencar memberikan pendidikan karakter kepada bangsa untuk mengurangi dampak negatif globalisasi, terutama siswa. Mengapa siswa menjadi prioritas utama ? Karena, globalisasi yang amat cepat dapat mempengaruhi karakter atau mental siswa. Padahal, sebagai generasi penerus bangsa siswa harus mempunyai budi pekerti yang luhur.
        Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara membentuk karakter baik pada siswa ? Salah satu jawabannya adalah dengan diadakannya kantin kejujuran di sekolah baik SMA, SMP bahkan SD. Kantin kejujuran merupakan salah satu wadah atau cara untuk memberikan pendidikan karakter bagi siswa. Disini, siswa mengambil barang sendiri, membayar sendiri, mengambil uang kembalian sendiri, tanpa harus ada yang melayani.
      Di kantin kejujuran ini, siswa dapat mengambil banyak pelajaran baik yang dapat membangu atau membentuk karakter baik. Mereka belajar mendiri, belajar bertanggung jawab, belajar berwirausaha dan yang paling penting dari kantin kejujuran adalah mereka dapat belajar jujur, Karena jujur itu penting dalam kehidupan.
        Maka dari itu, pendidikan karakter sangat penting bagi siswa. Karena, mereka adalah generasi penerus masa depan. Jika tidak dibekali dengan karakter yang baik mulai dari sekarang, akan jadi apa negara kita nantinya ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar