Minggu, 22 Januari 2012

TUGAR ARGUMENTASI

Tema     : Pemberlakuan sistem poin pada pelanggaran siswa di sekolah
PERATURAN DAN SANKSI
          Saat ini, hampir di setiap tempat pasti ada tata tertib atau peraturan yang sifatnya mengatur. Peraturan memang harus ditaati oleh anggotanya demi menciptakan ketertiban dan keamanan. Tetapi masih ada saja orang yang masih melanggar peraturan. Untuk itu, peraturan atau tata tertib perlu diikuti dengan sanksi yang tegas. Misalnya, di sekolah diberlakukan sistem poin pada pelanggaran tata tertib siswa. Lantas, apakah sistem ini dapat berjalan efektif ? Dan apakah sistem ini akan memberi efek jera terhadap  siswa ?
          Saat ini, banyak diantara kita yang terkadang masih melanggar peraturan – peraturan yang berlaku di berbagai tempat. Akibatnya, sering terjadi insiden yang tidak diinginkan karena melanggar peraturan tersebut. Karena itu, di berbagai tempat selalu ada sanksi yang tegas terhadap orang yang melanggar peraturan. Di sekolah, pemberlakuan sistem poin dapat dijadikan sebagai sanksi pelanggaran yang dilakukan oleh para siswa.
          Pelanggaran yang sering dilakukan oleh para siswa diantaranya adalah terlambat masuk sekolah, tidak memakai seragam dengan rapi, mencontek saat ulangan. Pelanggaran – pelanggaran diatas termasuk pelanggaran yang tergolong ringan. Namun jika pelanggaran tersebut dilakukan berulang-ulang, akan berakibat buruk terhadap siswa. Misalnya, akan mengganggu kegiatan belajar-mengajar yang akan berakibat menurunnya prestasi siswa di sekolah.
          Pemberlakuan sistem poin pada pelanggaran tata tertib siswa di sekolah diharapkan akan berjalan efektif. Namun kenyataannya sistem tersebut tidak dijalankan secara maksimal. Masih ada saja segelintir siswa yang masih mengulangi perilaku yang melanggar tata tertib sekolah. Untuk mengatasi masalah tersebut, siswa tersebut perlu diberi peringatan yang tegas dari sekolah, misalnya  siswa diberi skorsing untuk beberapa hari tidak mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Jika peringatan tersebut tidak efektif, siswa perlu diberikan bimbingan dari orang tua agar siswa tersebut tidak mengulangi perilaku yang sama.
          Indonesia adalah negara hukum. Sebagai negara hukum, Indonesia pasti memiliki Undang – Undang. Undang – Undang tersebut berisi tentang peraturan yang mengatur semua perbuatan yang dilakukan oleh masyarakat dan berisi  sanksi terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat. Setiap orang yang melanggar tata tertib atau peraturan yang berlaku di setiap tempat, pasti akan dikenakan sanksi yang tegas. Namun masih ada orang yang melanggar peraturan yang bisa merugikan dirinya sendiri.   
                                                Nama          : Septian Dimas Saputra
                   Kelas           : X – 5
               No               : 26




Tidak ada komentar:

Posting Komentar