Kamis, 26 Januari 2012

Bahasa Indonesia Paragraf Argumentasi


Tema : Penggunaan ponsel pada saat jam pelajaran

Kegunaan Ponsel bagi Siswa
Penggunaan ponsel di kalangan pelajar saat jam pelajaran memang perlu dilarang karena dapat mengganggu proses belajar yang sedang berjalan. Konsentrasi siswa dapat terbagi  antara menerima pelajaran dan memainkan ponsel. Ponsel juga dapat berpengaruh buruk jika tidak digunakan sesuai dengan keperluan. Apalagi pada seorang siswa, jika tidak dibatasi siswa bisa menghabiskan seluruh waktunya hanya untuk bermain ponsel. Sedangkan, pada saat ini ponsel sudah bervariasi dan ada banyak aplikasi-aplikasi canggih pada ponsel yang membuat seseorang makin senang memainkan ponsel.
            Ada sebagian sekolah yang melarang siswanya membawa ponsel seperti pada sekolah-sekolah SMP dan jika ada siswa yang membawa ponsel maka akan disita. Sesekali, pihak sekolah juga mengadakan operasi untuk mengetahui siswa yang membawa ponsel. Tak hanya itu, ponsel siswapun akan ditahan selama satu semester dan akan dikembalikan pada saat pengambilan rapor.
            Berbeda dengan SMP di SMA seluruh siswa sudah diperbolehkan membawa ponsel. Tetapi, tentu saja tidak boleh digunakan saat jam pelajaran. Jika ada siswa yang bermain ponsel saat kegiatan belajar mengajar maka akan mendapat sanksi yaitu penyitaan ponsel. Ada juga sebagian guru yang membuat kesepakatan sendiri dengan siswa yaitu tidak akan mengembalikan ponsel jika ada siswa yang bermain ponsel saat kegiatan belajar mengajar. Namun, ada juga guru yang memperbolehkan penggunaan ponsel saat jam pelajaran. Tetapi, hanya untuk proses penghitungan saja seperti pada pelajaran kimia yang banyak membutuhkan proses penghitungan.
            Berbeda dengan siswa, penggunaan ponsel pada guru diperbolehkan mungkin karena guru lebih  bijak dalam menggunakan ponsel serta banyak hal-hal penting yang  disampaikan pada guru melalui ponsel saat jam pelajaran. Misalnya, telpon dari dinas pendidikan. Tidak seperti siswa yang masih labil dan belum bisa mengendalikan diri dalam penggunaan ponsel (telpon seluler).
            Pada Sekolah Menengah Pertama pihak sekolah tidak memperbolehkan siswanya membawa ponsel. Sedangkan pada Sekolah Menengah Atas pihak sekolah sudah memperbolehkan siswanya membawa ponsel. Tetapi, tidak boleh digunakan pada saat kegiatan belajar mengajar .Ponsel dapat digunakan saat jam istirahat. Pada satu sisi ponsel memang dapat mengganggu proses pembelajaran. Namun, disisi lain ponsel dapat membantu jika dipergunakan dalam keadaan dan kondisi yang tepat.
           

Mei Pancaridian
X5 / 20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar