Rabu, 25 Januari 2012

ARGUMENTASI


TEMA : Penerapan pendidikan karakter melalui kantin kejujuran
KURANGI KORUPSI DENGAN KANTIN KEJUJURAN

Salah satu komponen terpenting sebuah instansi pendidikan adalah kantin. Kantin merupakan tempat siswa dan guru mengisi tenaga kembali setelah melakukan aktivitas kegiatan belajar mengajar (KBM). Bukan hanya itu, kantin juga dapat dijadikan ajang atau media untuk membentuk karakter. Salah satunya dengan adanya kantin kejujuran.
            Saat ini, kantin kejujuran telah menjamur di  sekolah-sekolah. Di setiap jenjang sekolah hampir semua ada.  Dari jenjang SD, SMP, hingga jenjang SMA dan sederajat. Banyak keistimewaan dari kantin kejujuran dibandingkan kantin biasa. Walaupun, makanan dan minuman yang dijual sama.
            Salah satu keistimewaannya adalah pembeli melayani  dirinya sendiri, dari mengambil barang yang akan dibeli hingga melayani sendiri pembayarannya. Jadi, pembeli membayar dan mengambil uang kembalian sendiri.
            Tujuan dari kantin kejujuran sebenarnya adalah untuk menerapkan kejujuran bagi para siswa di kehidupan sehari-hari. Dapat dilihat para siswa saat ini mengalami demoralisasi atau penurunan moral. Apalagi sekarang di Indonesia banyak sekali terjadi korupsi. Hal ini, menjadikan bangsa Indonesia semakin terpuruk dalam hal moral. Oleh karena itu, sekolah menerapkan kantin kejujuran sebagai pembentuk karakter siswa agar selalu berbuat atau berperilaku jujur.
            Sekolah mengharapkan dengan adanya media kantin kejujuran akan membuat siswa terbiasa untuk jujur di kehidupan sehari-hari. Karena kejujuran merupakan hal terpenting dalam kehidupan ini. Sekolah juga berharap semoga dari adanya kantin kejujuran ini dapat memperkecil terjadinya korupsi.
            Dengan demikian, kita patut bersyukur dengan adanya kantin kejujuran. Karena dengan adanya kantin kejujuran tersebut kita menjadi terbiasa untuk jujur dan terhindar dari korupsi sejak dini.

FEBRIANI KUSUMA WARDANI
X5/ 09

Tidak ada komentar:

Posting Komentar